Tidak semua jenis bunga hanya bisa di jadikan sebagai tanaman hiasan saja. Ada beberapa jenis bunga yang bisa di jadikan sebagai salah satu obat ataupun sebagai bahan tambahan untuk makanan salah satunya dalah bunga kamboja. Bunga ini biasanya di buat menjadi minyak esensial atau sebagai aroma terapi. Namun ternyata banyak manfaat lainnya yang bisa anda rasakan, seperti :

  • Meredakan Stres

Bunga kamboja mempunyai wangi yang sangat harum dan menenangkan. Saat menghirup wangi bunga kamboja, citronellol, linalool, dan senyawa geraniol akan berkaitan langsung dengan reseptor hidung lalu mengirim sinyal kepada otak untuk meredakan stress. Anda juga bisa menggunakan minyak bunga kamboja untuk mengoleskan langsung di kulit agar senyawa yang ada di dalamnya memicu produksi hormon endorfin dan enkephalin.

  • Sumber Antioksidan

Manfaat lainnya dari minyak bunga kamboja adalah dapat menjadi sumber antioksidan untuk tubuh karena mengandung berbagai senyawa antioksidan misalnya tannin, alkaloid, dan flavonoid. Ketiga senyawa ini berfungsi untuk menjaga sel tubuh dari radikal bebas dan melindungi resiko mutasi, kerusakan, peradangan, pembentukan tumor, dan kanker.

  • Menjaga Kulit Tetap Sehat Dan Cantik

Kebanyakan bisnis spa atau massage memberikan setiap ruangannya bunga kamboja sebagai aromateraphy dan menggunakan minyak kamboja untuk di lulurkan ke kulit pelanggan. Hal itu di karenakan minyak bunga kamboja mempunyai manfaat yang berguna dan baik untuk kulit agar tetap sehat dan cantik. Berbagai produk kosmetik atau perawatan kulit juga menggunakan bunga kamboja sebagai salah satu bahannya karena mempunyai manfaat yang dapat membersihkan dan melembapkan kulit, mengecilkan pori, mengurangi minyak yang berlebihan, dan meredakan peradangan pada kulit.

  • Meredakan Nyeri Saat Persalinan

Saat proses persalinan, ibu hamil akan merasakan nyeri yang luar biasa pada perut dan beberapa bagian bawah tubuh lainnya. Maka orang sering menggunakan minyak bunga kamboja untuk melakukan pijatan halus agar membantu meredakan nyeri. Salah satu penelitian yang di lakukan dengan minyak bunga kamboja ternyata berhasil menurunkan nyeri pada ibu hamil dengan tingkat keparahan sampai 7-9 dan merasa baik setelah di pijat dengan minyak tersebut.