Sudah merupakan hal umum jika tubuh kita mempunyai batas fisiknya dalam melakukan segala sesuatu dan ketika lelah terjadi itu bisa sebagai petunjuk bahwa tubuh sudah mencapai batasnya. Manusia hanya dapat mengembalikan staminanya dengan makan atau istirahat yang cukup sebagai bentuk pemulihan diri kembali dan ini merupakan proses normal pada umumnya.

Namun apakah pernah bila sudah beristirahat cukup dan bahkan hanya beraktivitas sedikit membuat tubuh kita terasa sangat lelah dengan cepat dan tidak seperti biasanya? maka dapat dipastikan ada yang tidak beres kepada tubuh kalian tersebut dan waspada karena bisa saja itu merupakan gejala penyakit berbahaya loh! simak berikut ini penjelasannya agar kamu tidak sepele dan lebih memperhatikan tubuh kalian ya.

1. Mengalami anemia

Mungkin sebagian besar sudah tahu bila anemia adalah kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah dan harus kalian ketahui ini bukan penyakit akan tetapi kita harus mencari dasar penyebab anemia dapat terjadi. Sel darah merah yang kurang dapat membuat produksi oksigen berkurang sehingga efeknya adalah stamina yang kurang atau mudah mengalami lelah dengan diiringi sensasi pusing, sesak nafas dan pucat pada berbagai bagian tubuh.

2. Merupakan sindrom lelah

Merupakan fenomena yang masih ditelusuri dan sampai sekarang belum diketahui kondisi medis yang merupakan dasar dari sindrom kelelahan ini dapat terjadi, namun sudah dipastikan banyak orang diluar sana mengalami hal ini. Gejalanya sendiri seperti hal pada umumnya yaitu sulit tertidur, meski tidur cukup dan bangun di pagi hari tetap tidak merasakan kesegaran dan daya ingat menjadi pendek dan tubuh mengalami nyeri dimana-mana diiringi sakit kepala.

Menurut medis sindrom kelelahan kronis ini masih bersinambungan dengan infeksi bakteri atau virus tertentu dan masih dalam penelitan sampai sekarang.

3. Waspada sleep apnea

Salah satu kondisi paling buruk karena dapat mengakibatkan kematian karena sleep apnea sendiri adalah sebuah kondisi saat tertidur dimana pernapasan kita memiliki jeda atau lebih pendek kemudian dengkuran lebih keras yang bahkan dapat mengakibatkan tersedak sehingga beresiko kematian mendadak.

Sleep apnea juga memiliki efek selanjutnya dimana ketika bangun umum merasa mood sedang tidak baik, daya ingat terganggu, kesulitan fokus bahkan sakit kepala dan cepat lelah.